Sisi Lain

Menilai sesuatu dari apa yang kita lihat sudah biasa kita lakukan. Banyak sikap yang muncul setelah enilai sesuatu dari positif maupun negatif. Dari segi negatif lebih dominan muncul dibanding dengan segi positif. Kenapa hal tersebut bisa sering muncul?? itulah yang seharusnya pertanyaan yang harus kita jawab, tapi ketidak pedulian kita terkadang membawa kita jauh kedalam area negatif. Hal negatif tersebutlah yang seharusnya kita rubah ke arah yang lebih positif agar mendapatkan manfaatnya.

Lingkungan kita tak lepas peran dalam pembentukan diri kita banyak contoh tindakan, kritik terhadap sesuatu dari ketika kita masih kecil dan terakumulasi sampai saat inilah yang membawa kita tanpa sadar melakukan hal yang hampir serupa dan kebanyakan hal tersebut banyak hal negatif. Apakah kita dapat merubah hal tersebut? bisa, dengan mengatur dan memahami pola pikir kita. Hasil akhir itulah yang menjadi hal yang sering kita lihat pertama kali untuk dasar menilai sesuatu dan membawa kita ke hal negatif dan besar efeknya bagi yang kita nilai. contoh saja ketika ada seorang anak melakukan sesuatu diluar kewajarannya yaitu main game terus menerus, jarang pulang, dst. Nilai yang didapat seorang anak itu adalah gelar “Nakal” dan hal itu bisa berakibat pada masa depan mereka dengan lebel yang kita buat. Tidak kah kita berfikir bijaksana dari sebab anak itu melakukan sesuatu bukan dari apa yang anak lakukan. Anak itu main game seharian atau jarang pulang bisa saja karena kurang perhatian dari seseorang yang dia sayangi seperti orangtuanya dan dia mencari perhatian lain dan ingin mendapat pengakuan dengan melakukan hal-hal yang kita anggap negatif.

Jadi Alangkah baiknya jika kita menilai sesuatu dari sebab hal tersebut terjadi bukan dari hasil akhirnya. Seperti rautan kecil yang ada kacanya lebih baik kita menilai diri sendiri dulu sebelum memberikan nilai kepada orang lain dan kritik bisa mendewasakan kita layaknya pensil diraut dan menjadi lancip. Sesuatu hal itu akan lebih baik jika dilihat dari sisi lain yaitu sisi positifnya karena kita akan mendapatkan manfaatnya. Semoga Bermanfaat dan menjadikan koreksi buat kita semua. Amin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s